Tanpa Sadar

Karunia terbesar Tuhan yang diberikan pada hamba-Nya adalah diri manusia itu sendiri. Ada manusia yang tercipta kecil, ada yang besar, ada yang dengan anggota tubuh sempurna, ada pula yang mempunyai kekurangan. Ada yang berkaki dua, ada yang berkaki empat, ada yang tidak memiliki kaki mungkin. Bukan sesuatu yang tidak wajar, ya,,, memang manusia memandang itu adalah suatu cemooh, menganggap hal semacam itu adalah aib. Tapi apakah manusia tahu maksud Tuhan mengapa ia tercipta seperti itu? Adakah yang tahu mengapa Tuhan memberi satu tangan? Tidak pernah mengerti.

Kalau dilihat oleh mata, dengan empat kaki itu manusia terlihat mengerikan. Yang tak mempunyai kaki itu pun menjijikkan. Tapi jika hati yang melihat, semua hal itu adalah pelajaran. Mereka yang dengan satu kaki, satu tangan atau bahkan tanpa kaki, atau tanpa tangan, bisa melakukan semua hal. Yang diberi lebih dengan empat kaki yang dianggap mengerikan, bisa melakukan hal yang lebih. Bagaimana dengan manusia yang sempurna fisik, yang normal tubuhnya. Mereka yang kekurangan bersyukur, yang diberi lebih bersyukur, yang diciptakan normal dengan anggota yang sempurna, apakah bisa bersyukur seperti mereka? Belum tentu.

Ada yang gemuk ingin kurus, ada yang kurus ingin gemuk, dengan cara bagaimanapun dilakukan, akhirnya sakit, dan malah berakhir semua kehidupannya. Berat memang jika semua dipandang dengan mata. Karena mata tidak ikut memikul bebannya. Tapi hati, ia ikut merasa berat jika hidup tiada syukur.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati Tak Pernah Sama Rasa

Ketakutan Dalam Sebuah Pilihan

Kepuasan Hati