Tidak Ada Kuasa

Tinggi ataupun rendah kaki meloncat ke atas bumi, pada akhirnya ia akan berpijak ke bawah lagi. Gravitasi menarik semuanya kembali ke bawah, untuk menjaga agar semua tetap pada tempatnya.

Manusia penuh ragam rupa, banyak macam kelebihan. Manusia hidup dalam ketinggian, juga hidup dalam kerendahan. Hanya kedua hal itu yang banyak menjadikan manusia tuntunan, perihal yang tidak pasti yang kapanpun bisa saja berganti. Gravitasi adalah kuasa Allah. Ketika manusia melompat tinggi Allah berkuasa mengembalikan ia kepada tempat terendah, ketika kuasa Allah tidak ada, gravitasi lenyap, semua melayang, manusia tak akan punya kehidupan tanpa kuasa Allah.

Allah memberikan manusia pada kedudukan yang sama rata. Semua hidup berdampingan tanpa beda. Ketika ada satu di antaranya melompat tinggi, pada akhirnya Allah akan samakan juga.

Kembali kepada syukur, saat tempat tertinggi diraih bukanlah saat itu kenikmatan haqiqi. Bisa jadi itu adalah ujian sebenarnya. Ketika manusia berada jauh lebih tinggi, lebih keraslah manusia akan terjatuh. Karena gravitasi adalah kuasa Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati Tak Pernah Sama Rasa

Ketakutan Dalam Sebuah Pilihan

Kepuasan Hati