Tahukah Kamu Tentang Mereka

Sudahkah engkau ketahui, sebuah kisah lama tentang orang tuamu. Kisah tentang bagaimana ia belajar. Kisah tentang bagaimana ia pertama kali bekerja. Kisah tentang pengalaman mereka saat mereka mulai bingung menghadapi masalah mereka. Atau kisah tentang bagaimana mereka berusaha agar engkau tidak melihat keluhan mereka saat ingin membahagiakanmu.

Mungkin engkau tahu, beberapa hal yang kau lihat pada mereka. Mungkin kamu memahami sebagian kecil kisah yang sengaja mereka bagikan. Tapi tahukah, berjuta hal lain yang sengaja ia tutupi darimu. Dan tahukah, karena semua itu engkau bisa terus tersenyum sampai saat ini.

Mereka tidak berbagi bukan karena mereka tak mau. Mereka menyembunyikan bukan karena mereka tak peduli. Sama seperti apa yang selama ini sering engkau rahasiakan pada mereka. Engkau tak ingin mereka kecewa jikalau mereka tahu tentangmu lebih jauh. Engkau tak ingin apa yang kamu sembunyikan itu mereka ketahui, karena kau ingin kebahagiaan mereka.

Mereka pun pernah sepertimu, mereka pernah jadi anak-anak, mereka pernah jadi remaja, mereka pernah menjalani masa pertama menjadi dewasa. Sekarang yang mereka jalani adalah masa untuk merawatmu. Masa itu adalah dimana semua masa lalu telah mereka lalui. Dan nantinya masa itu akan kau lalui juga.

Namun ada saat ketika semua hal yang mereka sembunyikan itu mereka bagi sepenuhnya. Entah kapan waktu itu datang. Akankah ketika usia mereka menua, atau sebelum mencapai waktu tua mereka.

Tahukah apa yang akan kau lakukan saat ini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati Tak Pernah Sama Rasa

Ketakutan Dalam Sebuah Pilihan

Kepuasan Hati